Popular Post

Posted by : blogger gentho Senin, 15 Juli 2013


Bass adalah salah satu alat / instrument musik yang banyak digemari karena memang alat musik ini bisa bikin pemainnya terlihat keren :D .  Biasanya para pemula dalam bermain band menganggap bahwa bermain bass itu lebih mudah daripada bermain gitar, dan yang paling tidak saya sukai adalah banyak dari mereka yang meremehkan peranan permainan bass dalam sebuah band. Kan banyak sekali dari mereka yang bilang “udah kamu main bass aja, tinggal petik nada dasarnya saja”. Itu sama sekali salah dan tidak benar. Sebuah band tanpa didukung oleh permainan bass yang baik, lagu yang dibawakan akan terasa hambar.
Ada banyak sekali teknik permainan bass yang sebenarnya tidak mudah, dan kalau bisa memainkannya dengan baik akan terlihat sangat luar biasa. Salah satu teknik permainan bass tersebut adalah teknik slap bass. Nah, bagi yang pemula dalam belajar slap bass, sepertinya perlu memperhatikan beberapa hal berikut ini:

Belajar Bass Slap Untuk Pemula:

1. Biasakanlah jari jari anda tepat pada tempatnya, yaitu sejajar dengan posisi senar, tepat lurus di atasnya, dan biasakanlah tidak miring (karena ini untuk memaksimalkan permainan slap bass untuk membetot bass :D ). Jari jari anda juga mewakili masing masing senar dari senar nomor 1 hingga senar nomor 4. Lihat pada gambar berikut ini:
posisi jari jari teknik berlajar bermain slap bass
2. Permainan bass teknik slap lebih sering menggunakan nada octave. yaitu misalkan anda menggunakan kunci G, maka nada yang akan anda petik adalah nada rendah G dan nada octave/tinggi dari G. Nada kunci G berada pada freet ke 3 pada senar paling besar. Sedangkan oktave nya adalah pada fret ke 6 senar nomor 2 dari bawah yaitu yang akan memberikan nada G tinggi. Yang perlu diingat dalam teknik ini adalah posisi pergelangan tangan anda harus lurus dengan permukaan neck bass, supaya mudah bergerak, memang pertama kali anda akan merasa kurang bertenaga untuk memencet senarnya, tapi latihlah pelan pelan hingga anda mampu menekan senar dengan benar dan nantinya akan mendukung peremainan yang lebih cepat. Intinya jangan menggenggam neck bass. Lihat gambar berikut:
Posisi pergelangan tangan dalam memainkan teknik bass slap octave
3. Berikutnya yang perlu diperhatikan adalah memposisikan jempol anda lurus dengan senar bass yang paling atas yaitu nada E. Lihat gambar berikut:
posisi jempol lurus dengan senar dalam permainan bass teknik slap
4. Kemudian, mulailah memetik, dengan memukulkan jempol anda ke senar nomor 4, pastikan mengenai bagian tengah jempol pinggir kuku, yang kemudian berhenti pada senar dibawahnya yaitu senar nomor 3. Lakukan berulang ulang hingga anda terbiasa.
5. Berikutnya adalah membetot bass  (biasanya yang dibetot adalah 2 senar dari bawah yaitu senar nomor 1 dan 2 yang biasanya adalah untuk nada octave). Nah, anda bisa membetotnya dengan menggunakan jari tengah atau jari manis, atau kalau kurang kuat, dan agar suara betotannya lebih kencang, anda bisa menggunakan dua duanya seperti pada gambar berikut:
6. Nah, kalau sudah belajar metik senar yang besar dengan teknik memukul senar dengan menggunakan jempol, berikutnya adalah memadukannya dengan teknik betot. Jadi yang namanya teknik slap (pukul) itu sebenarnya kombinasi dari slap dan pick (betot). Sekarang latihan yang perlu anda jalankan adalah menslap senar besar misal nada G rendah, kemudian membetot nada tinggi octave G. Lakukan untuk semua Nada mulai dari A hingga G sesering mungkin. Anda akan terbiasa dan segera malaju ke teknik yang lebih mahir.
Demikian sedikit hal yang perlu diperhatikan oleh para pemula untuk belajar slap bass. Terus berlatih, dan lakukan dengan disiplin, karena dengan disiplin, maka akan terbentuk skill skill yang mendukung permainan yang lebih susah, kalau dari awal sudah salah teknik, biasanya akan susah dibenahi. Pastikan anda membangun akurasi dan kekuatan jari jari anda dalam menekan senar dan fret dan berpindah pindah dari fret satu ke yang lainnya dengan cepat tanpa hambatan, dan latih terus kekuatan dan akurasi dalam menslap dan membetot. Semoga bermanfaat 

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © The Future and The Past, Technology, Archaeology. . . - Date A Live - Powered by Blogger - Designed by Johanes DjoganRedesign by ajiek -