Popular Post

Posted by : blogger gentho Sabtu, 13 Juli 2013

noh, agan-agan sekalian pasti tau kan yang namanya gitar. ada gitar yang mahalnya selangit, ada juga gitar yang murah.. kok bisa ya? ternyata usut punya usut, harga ditentukan oleh kualitas gitar dan kualitas bahan. selain kualitas bahan, ada juga lho yang mempengaruhi yaitu konstruksi neck.
konstruksi neck ada 3 macam yaitu konstruksi bolt on, set neck dan thru neck. jenis konstruksi menentukan kualitas suara yang dihasilkan dari gitar tersebut, menentukan tingkat kesulitan perawatan, dan tentunya menentukan harga, hehehehe..

1. bolt on neck

ini adalah jenis konstruksi neck yang paling umum di pakai, yaitu bagian body dan neck terpisah dan di sambung dengan menggunakan baut. sambungan dengan konstruksi ini memngkinkan untuk menggunakan 2 bahan dengan jenis berbeda untuk body dan neck.

konstruksi ini adalah konstruksi yang paling murah harganya dan mudah dalam perawatannya. dan bila mengalami kerusakan, cukup mudah dan murah untuk memperbaikinya. gitar dengan konstruksi ini juga cukup ringan dan nyaman untuk di pakai oleh pemula.  selain itu, dengan menggunakan konstruksi ini gitar dapat di produksi dalam jumlah yang cukup besar.

namun, kelemahan dari konstruksi jenis ini adalah suara yang di hasilkan tidak terlalu bagus, mengapa? karena ada sela di dalam sambungan body dan neck yang mengakibatkan suara menjadi "bocor" dan kurang berkualitas akibat resonansi yang dihasilkan kurang.

2. set neck
selanjutnya yaitu setneck, konstruksi jenis ini hampir sama dengan bolt on yaitu bagan neck dan body di satukan, namun untuk penyambungan tidak menggunakan sekrup tetapi menggunakan bahan perekat khusus. dengan konstruksi ini, "kebocoran suara" yang menyebabkan berkurangnya resonansi pada bolt on dapat tercover, sehingga menghasilkan suara yang lebih bagus lagi daripada konstruksi bolt on.
namun jika gitar dengan konstruksi ini mengalami kerusakan, akan cukup sulit untuk diperbaiki, biasanya setelah diperbaiki bagian sambungan tetap akan mengalami cacat yang mengakibatkan berkurangnya kualitas suara.


3. thru neck
 noh, kalo yang satu ini, palig mantep sob, bagian neck menyatu dengan bagian body yang sejajar dengan neck, namun bagian wing body masih tetap bisa terbuat dari bahan yang lain. keuntungannya sudah jelas suara yang di hasilkan paling bagus, karena neck dan body menyatu, maka resonansi yang di hasilkan dan di terima pick up pun lebih sempurna. namun kekurangannya, gitar ini harganya cukup mahal dan bila rusak tidak bisa lagi diperbaiki.

biasanya gitar jenis ini dipaka oleh gitaris-gitaris profesional. dan mer-merk yang menggunakan konstruksi ini biasanya adalah merk-merk premium seperti JACKSON, GIBSON, IBANEZ, dan sebangsanya.

kalau agan-agan mau beli gitar jangan lupa perhatikan konstruksinya, cari yang sesuai dengan gaya permainan agan, dan juga disesuaikan kantong agan(jangan sampai jual motor buat beli gitar thru neck, hehehehe)...

One Response so far.

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © The Future and The Past, Technology, Archaeology. . . - Date A Live - Powered by Blogger - Designed by Johanes DjoganRedesign by ajiek -