Popular Post

Posted by : blogger gentho Senin, 15 Juli 2013


nah sob, kali ini ane mau bahas tentang teknik-teknik picking gitar. walau kelihatannya sepele, teknik ini cukup penting lho sob. dengan berlatih picking yang benar, kita dapat meningkatkan speed permainan gitar kita, dan yang penting bisa menghasilkan suara yang bagus sesuai yang di inginkan (kalo asal-asalan bisa ancur lho suaranya).
eits, sebelumnya, tau picking g? picking itu adalah bagaimana cara tangan kanan kita (bagi yang tidak kidal) memetik senar gitar. picking sendiri ada 2 macam , yaitu finger picking dan proper picking





FINGER PICKING 
picking dengan menggunakan jari, umumnya picking ini untuk memainkan gitar akustik atau klasik namun ada juga sebagian yang memakai teknik ini untuk bermain gitar elektrik. teknik ini biasanya memetik senar dengan menggunakan ke 5 jari, biasanya memetik senar tertentu dengan jari tertentu sesuai dengan gaya permainan kita.
finger picking

PROPER PICKING
nah, ini adalah teknik picking menggunakan alat, seperti koin, tazoz, potongan sim card, kartu remi, pecahan kaca  (hweits tapi itu g lazim smua), biasanya itu alat yang sering di pakai ma anak muda, tapi alat yang paling bagus buat di gunain namanya pick. untuk memegang pick, memang tidak ada patokan khusus bagaimana memegang pick, semua tergantung dari kenyamanan pemakai, namun disarankan untuk memegangnya dengan ibu jari dan jari telunjuk seperti gambar di bawah ini :
cara memegang pick
dan teknik proper picking pun ada beberapa jenis , yaitu :

  • up stroke picking, teknik picking dengan memetik gitar ke arah atas , biasa di notasikan dengan simbol
  • down stroke picking, lawan dari up stroke, aitu memetik senar ke arah bawah di notasikan dengan V
dari 2 teknik di atas , up stroke menghasilkan suara yang nyaring dan jelas, sedangkan down stroke menghasilkan suara yang lebih lembut. kelemahan dari kedua picking ini adalah cukup lambat untuk memetik sebuah senar, sehingga akhirnya para gitaris lebih memilih teknik berikut ini :
  • alternate picking , gabungan dari up stroke dan downstroke, yaitu petikan ke atas dan bawah. lebih sering digunakan karena memang lebih cepat, apa lagi jika akan menggunakan notasi-notasi berspeed tinggi.
dari teknik alternate picking , akhirnya juga melahirkan teknik-teknik picking berikut :
  • economic picking, yaitu sama seperti alternate picking namun kita dapat langsung memetik dua senar yang berbeda dalam 1 petikan.
  • circle picking, sama seperti economic picking tapi menggunakan gerakan memutar , sehingga menghasilkan nada yang lebih lembut, tapi cukup repot untuk dilakukan.

selain itu, ada juga beberapa teknik picking yang unik, dan tingkat kesulitannya cukup tinggi. yaitu :
  • sweep picking. teknik yang digunakan untuk nada-nada arpegio dan sebangsanya(berkecepatan tinggi), yaitu dengan membunyikan banyak nada, banyak senar dalam satu petikan (seperti gerakan menyapu gitar, sehingga dinamakan sweep). teknik ini banyak digunakan oleh gitaris Yngwie malmsteen.
  • harmonic picking, teknik picking untuk menghasilkan nada-nada harmonic, seperti suara nguiiiingg, atas seperti suara gitar yang menjerit. teknik ini sering juga di sebut chooking. untuk bisa menggunakan teknik ini, diperlukan latihan yang banyak.
  • tremolo picking, memetik gitar seperti alternate picking, namu ada beberapa senar/nada yang dipetik secara berulang-ulang, seperti pada lagu-lagu rock.

sampai saat ini itulah teknik picking yang ane ketahui, mungkin kalo ada tambahan, evolusi, perkembangan, bisa bantu nambahin gan, hehehehe.....


nah, laen kali ane mau posting tentang menu latihan teknik picking, hehehehehe...

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © The Future and The Past, Technology, Archaeology. . . - Date A Live - Powered by Blogger - Designed by Johanes DjoganRedesign by ajiek -