Popular Post

Posted by : blogger gentho Kamis, 11 Juli 2013



Software ArcView sudah mengalami discontinue atau g kluarlagi dari developernya yaitu, ESRI dan untuk selanjutnya digantikan oleh ArcGIS sebagai penerusnya. Namun masih banyak praktisi Sistem Informasi Geografis yang masih menggunakan ArcView, salah satuny adalah ArcView 3.3, sebagai perangkat lunak utama dalam pekerjaan spasialnya. Kendala muncul seiring dengan perkembangan sistem operasi Windows yang telah sampai pada Windows 7. Banyak orang mulai beralih menggunakan Windows 7 sebagai sistem operasi utama pada perangkat komputernya.


Kendala muncul ketika banyak praktisi GIS yang berusaha melakukan instalasi ArcView 3.3 ada Windows 7. Proses instalasi ArcView GIS 3.3 terkadang berhasil diinstal namun tidak dapat dijalankan atau bahkan proses instalasi tidak dapat berjalan sama sekali. Hal ini mungkin disebabkan tidak sesuainya program Arcview 3.3 dengan Windows 7. Namun permasalahan tersebut bukanlah tanpa pemecahan sama sekali. Kita tetap dapat melakukaninstalasi ArcView GIS 3.3 pada Windows 7dengan langkah-langkah yang akan diuraikan dibawah ini.
Berikut ini adalah langkah instalasi perangkat lunak ArcView 3.3 pada sistem operasi Windows 7:
  1. Lakukan instalasi ArcView GIS 3.3 di komputer lain yang menggunakan sistem operasi Windows XP.
  2. Instal Patch ArcView GIS untuk Windows XP, yang diperlukan untuk fix identify pada program ArcView.
  3. Instal semua Extensi ArcView yang biasa anda pakai (misal : Image Analyst, 3D Analyst, Edit Tools, Network Analyst, dan lain sebagainya).
  4. Copy folder ESRI pada komputer dengan Windows XP (yang secara default terletak diC:/ESRI) ke komputer yang menggunakan sistem operasi Windows Vista atau Windows 7, samakan direktorinya dengan yang di komputer dengan Windows XP (yang secara default berada di C:/ESRI).
  5. Copy juga folder ESRI pada direktori C:/Program Files/Common Files/ESRI pada komputer Windows XP ke direktori yang sama pada komputer Windows Vista atau Windows 7.
  6. Buka perintah Run pada komputer dengan Windows XP dan jalankan regedit (Start > Run > regedit > Enter).
  7. Masuk ke HKEY_LOCAL_MACHINE > SOFTWARE > ESRI.
  8. Simpan menjadi file baru Registry ESRI (Klik kanan folder ESRI > Export > Save).
  9. Copykan file Registry ESRI yang tadi pada komputer dengan Windows Vista atau Windows 7.
  10. Daftarkan Registry ArcView tersebut dengan melakukan klik 2x filenya.
  11. Buka Folder Fonts di komputer Windows XP (Start > Control Panel > Fonts).
  12. Copy semua fonts ke komputer Windows Vista atau Windows 7.
  13. Blok semua font, klik kanan dan pilih instal.
  14. Selesai, selamat menggunakan ArcView GIS di Windows Vista atau 7.
Kendala pada metode instalasi ArcView GIS versi 3.3 di Windows 7 ini adalah tidak tersedianya start menu yang memudahkan menjalankan aplikasi. Namun dapat diatasi dengan melakukan proses instalasi ulang dengan cara biasa. Sehingga file instalasi akan menimpa file hasil copyan. Berikut adalah langkah bagaimana melakukan instalasi ArcView 3.3 dengan prosedur biasa pada Windows 7 :
  1. Klik kanan pada file setup ArcView 3.3 pilih Properties > Compatibility > Run This Program Compatibility Mode For : Windows XP (Service Pack 3) > Run This Program As An Administrator > Apply.
  2. Langkah selanjutnya sama dengan proses instalasi pada umumnya.
Selamat apabila anda telah berhasil melakukan proses instalasi ArcView 3.3 pada Windows 7 dan menggunakannya.
Jika Ingin lebih jelas,Anda bisa mendownload e-book nya disini

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © The Future and The Past, Technology, Archaeology. . . - Date A Live - Powered by Blogger - Designed by Johanes DjoganRedesign by ajiek -